Road Trip
Indonesia, Luar Negeri, Wisata

Road Trip : Pengertian dan Persiapan Sebelum Melakukannya!

Road trip adalah sebuah istilah yang seringkali kamu dengar atau bahkan kamu gunakan untuk menyebutkan sebuah perjalanan darat ke suatu tempat yang jauh. Sayangnya, masih banyak orang yang belum memahami dengan benar arti dari istilah yang satu ini. Untuk itu, perhatikan baik-baik pembahasan berikut ini!

Road Trip
Road Trip | Photo by Taras Zaluzhnyi

Apa itu Road Trip?

Apabila kamu menerjemahkan istilah yang satu ini ke dalam bahasa Indonesia, maka kamu akan mendapatkan pengertian yaitu perjalanan darat. Hal itu memang tidak salah, karena pada penggunaannya, istilah yang satu ini sering kamu dengar atau kamu gunakan saat kamu ingin bepergian ke suatu tempat menggunakan perjalanan darat.

Namun, hal yang perlu kamu perhatikan adalah jaraknya. Biasanya, istilah yang satu ini seringkali digunakan untuk perjalanan darat yang menempuh jarak yang tidak dekat dan waktu yang tidak sebentar. Biasanya, kegiatan yang satu ini menggunakan mobil sebagai kendaraan untuk menempuh jarak tersebut.

Nah, road trip sendiri sudah sangat populer saat ini. Apalagi cepatnya perkembangan teknologi terutama di bidang transportasi, membuat perjalanan darat ini menjadi pilihan yang tidak kalah menariknya daripada jenis perjalanan lain seperti perjalanan udara maupun laut.

Persiapan yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Road Trip

Setelah memahami seperti apa itu roadtrip ini, sekarang saatnya kamu mengetahui apa saja yang harus kamu persiapkan sebelum melakukan roadtrip.

1. Cek Kondisi Kendaraan

Kegiatan road trip tidak pernah lepas dari yang namanya menggunakan kendaraan. Untuk itu, agar kamu tetap aman dan juga nyaman saat perjalanan, kamu harus melakukan pengecekan kendaraan. Hal ini penting untuk kamu lakukan agar kamu bisa memastikan bahwa kendaraan yang kamu gunakan memiliki kondisi yang baik.

Kamu bisa melakukan pengecekan terhadap beberapa indikator yang ada pada mobil seperti ketersediaan bensin, kondisi oli, air radiator, dan lain sebagainya. Tidak hanya berdasarkan indikator saja, kamu juga bisa melakukan pengecekan terhadap ban dari kendaraan yang akan kamu gunakan.

Jangan sampai ban yang kamu gunakan sudah gundul karena bisa berbahaya apalagi jika kamu gunakan untuk menempuh perjalanan yang cukup jauh.

2. Memilih Rute dan Menentukan Beberapa Titik Penting

Selanjutnya, kamu perlu memilih rute dan menentukan beberapa titik penting sepanjang perjalanan road trip yang kamu lakukan. Kamu bisa menggunakan Google Maps untuk membantumu dalam menentukan rute yang ingin kamu tempuh. Pilihlah rute yang mudah dan utamakan untuk melewati jalan utama apalagi jika kamu masih asing dengan daerah tersebut agar mengurangi peluang tersesatnya kamu nantinya.

Selain itu, tentukan juga beberapa titik penting yang akan kamu pilih sebagai tempat berhenti untuk beristirahat sejenak dan juga mengisi bensin kendaraan kamu.

Istirahat menjadi  hal yang penting tidak hanya bagi kamu, tapi juga bagi kendaraan mu. Jangan sampai mesin kendaraan menjadi terlalu panas sehingga kendaraan akan mogok di tengah jalan.

3. Mempersiapkan Perbekalan Untuk di Perjalanan

Terakhir, kamu perlu menyiapkan perbekalan selama perjalanan road trip yang kamu lakukan. Makanan, minuman, serta obat-obatan dan vitamin menjadi hal penting yang harus kamu siapkan karena perjalanan jarak jauh yang tentunya akan memakan waktu tidak sebentar.

Selain itu, kamu bisa menyiapkan beberapa permainan untuk menghilangkan rasa bosan selama di dalam kendaraan.

Siap Melakukan Perjalanan Road Trip Mu?

Dengan mengetahui seperti apa itu road trip dan apa saja yang harus kamu persiapkan, sekarang kamu bisa semakin siap dalam melakukan perjalanan jarak jauh semacam ini.

Hal penting lainnya yang harus kamu perhatikan adalah berkendara dengan hati-hati. Utamakanlah keselamatan daripada kecepatan agar kamu bisa selamat sampai tujuan. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *