Uncategorized

5 Tempat Wisata Menarik di Aceh yang Wajib Dikunjungi Wisatawan

Aceh memiliki sejarah yang erat kaitannya dengan penyebaran Agama Islam di masa lampau. Selain kisah masa lalunya, provinsi tersebut memiliki berbagai tempat wisata yang menarik. Bukan hanya bentangan alamnya saja yang patut untuk dikunjungi, terdapat pula berbagai museum dan gedung yang cocok bagi anda untuk berlibur. Yuk simak Wisata Menarik di Aceh di sini.

Destinasi Menarik di Aceh

1. Museum Tsunami

Museum Tsunami Aceh, Salah satu Wisata Menarik di Aceh.
Museum Tsunami Aceh | Photo by Google

Pada tahun 2004 lalu lebih tepatnya pada tanggal 26 Desember, Banda Aceh pernah diterjang tsunami yang dahsyat. Sebagai bangsa yang besar, sejarah adalah harta yang berharga meskipun sifatnya pahit dan kelam. Museum ini kemudian dibangun sebagai pengingat serta penghargaan bagi orang orang yang sudah berjuang mempertahankan hidup mereka.

Museum Tsunami dibuka untuk umum tanpa dipungut biaya. Anda yang datang dapat langsung menikmati berbagai pajangan yang ada di sana tanpa mengeluarkan dana. Akan tetapi, bagi anda yang membawa kendaraan maka masih memiliki kewajiban untuk membayar uang retribusi parkir di kawasan museum tersebut.

Lokasi: Jl. Sultan Iskandar Muda, Sukaramai, Kec. Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh 23116, Indonesia. Google Maps.

2. Taman Sari Gunongan

Taman Sari Gunongan, Salah satu Wisata Menarik di Aceh.
Taman Sari Gunongan | Photo by Google

Berikutnya ada Taman Sari Gunongan, Taman ini memiliki kisah yang mirip dengan Taj Mahal yang ada di India. Dulunya, tempat wisata menarik di Aceh ini dibangun oleh Sultan Iskandar Muda sebagai bukti cintanya kepada permaisurinya, yaitu Putri Kamaliah di Negeri Pahang Malaysia. Taman tersebut berada di dalam kompleks Taman Sari Bustanussalatin Banda Aceh.

Kompleks ini sejatinya merupakan tempat khusus bagi Putri Kamaliah untuk menyepi dan menuntaskan kerinduannya pada kampung halamannya. Bentuk taman ini dibangun semirip mungkin dengan perbukitan di Negeri Pahang. Saat ini, lokasi tersebut terbuka untuk umum dan wisatawan diperbolehkan untuk mengunjunginya.

Lokasi: Sukaramai, Baiturrahman, Sukaramai, Kec. Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh 23116, Indonesia. Google Maps.

3. Museum Aceh

Museum Aceh, Salah satu Wisata Menarik di Aceh.
Museum Aceh | Photo by Google

Selanjutnya adalah Museum Aceh, museum ini merupakan sebuah bangunan lama yang dibuat sekitar tahun 1915 saat masa penjajahan Hindia Belanda. Bentuknya menyerupai rumah adat Aceh sehingga sarat akan nilai filosofi Islam. Di dalam museum ini, anda dapat menemukan berbagai artefak dan peninggalan bahkan dari zaman pra sejarah.

Salah satu koleksi yang paling terkenal di lokasi wisata menarik di Aceh ini adalah Lonceng Cakra Donya. Lonceng tersebut berumur 1.400 tahun dan merupakan hadiah dari Kaisar Cina dari dinasti Ming kepada Sultan Samudera Pasai. Lonceng tersebut dibawa oleh Laksamana Cheng Ho yang melakukan perjalanan ke Nusantara.

Lokasi: Jl. Sultan Mahmudsyah No.10, Peuniti, Kec. Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh 23116, Indonesia. Google Maps.

4. Pantai Ulee Lheue

Pantai Ulee Lheue
Pantai Ulee Lheue | Photo by Google

Menelisik keindahan alam adalah pilihan liburan yang tak kalah menarik. Pantai Ulee Lheue adalah salah satu destinasi menarik yang dapat anda kunjungi. Pemandangannya yang indah disertai dengan deburan ombak yang beralun indah membuat nuansanya menjadi tenang sehingga cocok untuk melepas lelah.

Meskipun pantai ini sempat rusak berat di tahun 2004 silam, keindahannya tidak banyak berubah. Fasilitas hiburannya juga bisa dibilang lengkap. Anda dapat menikmati berbagai hidangan laut yang fresh. Anda juga bisa menyantap jajanan pengganjal perut seperti jagung bakar sembari menikmati indahnya senja.

Lokasi: Banda Aceh, Ulee Lheue, Kec. Meuraxa, Kota Banda Aceh, Aceh, Indonesia. Google Maps.

5. Pantai Lampuuk

Pantai Lampuuk, Salah satu Wisata Menarik di Aceh.
Pantai Lampuuk | Photo by Google

Terakhir, Pantai Lampuuk merupakan tempat wisata menarik di Aceh yang cocok bagi anda untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga. Pantai ini berpasir putih dengan panorama pesisir yang indah. Terdapat empat jalur masuk untuk mengunjunginya, yaitu Babah Satu hingga Babah Empat. Babah Tiga adalah lokasi yang paling pas untuk surfing.

Lokasi: Aceh, Indonesia. Google Maps.

Menghabiskan liburan di Aceh bisa menjadi pilihan yang sangat menyenangkan, selama anda memilih destinasi yang cocok dengan favorit keluarga. Beberapa rekomendasi yang telah disebutkan tadi bisa menjadi referensi bagi anda. Jangan lupa juga untuk menyiapkan berbagai perlengkapannya dengan baik agar tidak ada barang yang sampai ketinggalan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *