Indonesia, Wisata

17 Tempat Wisata di Jambi Paling Hits dan Harus Dikunjungi

Jambi menjadi salah satu daerah yang memiliki topografi yang beragam. Dengan begitu wajar jika kota satu ini menawarkan bentang alam yang mempesona. Wisata alam hingga wisata buatannya memang layak untuk dijelajahi. Bagi anda yang ingin berlibur ke Jambi, berikut beberapa Tempat Wisata di Jambi yang terbaru dan Wajib anda Kunjungi.

Destinasi Wisata di Jambi Yang Tidak Boleh Dilewatkan

1. Wisata Roemah Keboen Jambi

Roemah Keboen Jambi by putri1890
Roemah Keboen Jambi | Photo by putri1890

Untuk memulai perjalanan anda di Jambi, anda bisa mengunjungi Wisata Rumah Kebun yang merupakan wisata agrowisata. Destinasi satu ini sangat cocok dikunjungi bersama keluarga. Anda bisa menikmati suasana tenang dengan udara sejuk yang bisa menghilangka penat. Aktivitas mulai dari memancing dan kegiatan menyenangkan lainnya bisa anda lakukan di sini.

Lokasi: Jl. Kopral umar rt.33 Kel, Paal Merah, Kec. Jambi Sel., Kota Jambi, Jambi, 36139, Indonesia. Google Maps.

2. Hesti’s Garden

Hesti's Garden by E.A.P
Hesti’s Garden | Photo by E.A.P

Masih mengusung konsep kebun, anda bisa mengunjungi taman bunga yang cantik yakni Hesti’s Garden. Taman bunga yang berdiri di lahan 1 hektar lebih ini terbilang baru, baru dibuat di tahun 2016 lalu. Banyak ragam bunga warna warni yang membuat taman ini begitu menawan. Selain itu, juga ada banyak spot swafoto yang dihadirkan di Hesti’s Garden.

Lokasi: Unnamed Road,, Muara Manderas, Jangkat, Kabupaten Merangin, Jambi, 37372, Indonesia. Google Maps.

3. Air Terjun Telun Berasap

Air Terjun Telun Berasap by lisaharmildaa
Air Terjun Telun Berasap | Photo by lisaharmildaa

Tempat wisata di Jambi selanjutnya yang tak kalah menarik dan unik adalah Taman Telun Berasap. Taman satu ini memiliki air terjun eksotis dengan tinggi sekitar 50 meter. Selain itu juga memiliki area konservasi yang masih dalam bagian Gunung Kerinci. Jika ingin menikmati suasana yang tenang dan damai, destinasi satu ini bisa anda jadikan alternatif.

Lokasi: Telun Berasap, Gn. Tujuh, Kabupaten Kerinci, Jambi, 27778, Indonesia. Google Maps.

4. Taman Rimbo Zoo Jambi

Taman Rimbo Zoo Jambi by lisa.chen88
Taman Rimbo Zoo Jambi | Photo by lisa.chen88

Seperti namanya, destinasi wisata ini memang mirip dengan Taman Mini yang berada di Jakarta. Didesain khusus sebagai wisata edukasi, Taman Rimbo Zoo Jambi berada di pusat kota sehingga mudah untuk diakses. Para pengunjung bisa mendapatkan banyak informasi terkait kebudayaan yang menarik di tempat satu ini.

Lokasi: Talang Bakung, Kec. Jambi Sel., Kota Jambi, Jambi, 36127, Indonesia. Google Maps.

5. Museum Siginjei (Siginjai) Jambi

Museum Siginjai (Siginjei) Jambi by arnoldio
Museum Siginjai (Siginjei) Jambi | Photo by arnoldio

Rasanya belum lengkap jika menginjakkan kaki di Jambi tetapi tidak mengunjungi museumnya. Salah satu yang menjadi museum hits di Jambi adalah Museum Siginjei (Siginjai). Sudah ada sejak tahun 1981, tentunya ada banyak koleksi menarik yang bisa diintip di tempat satu ini. Koleksi yang ada berkaitan dengan arkeologi hingga geologi Jambi yang begitu menarik.

Lokasi: Jl. Jenderal Urip Sumoharjo, Sungai Putri, Kec. Telanaipura, Kota Jambi, Jambi, 36124, Indonesia. Google Maps.

6. Taman Wisata Jambi Paradise

Taman Wisata Jambi Paradise by jambiparadise
Taman Wisata Jambi Paradise | Photo by jambiparadise

Jambi Paradise merupakan tempat rekreasi buatan yang juga begitu hits di kota Jambi. Berdiri di atas lahan seluas 4 hektar, tempat wisata di Jambi ini menawarkan banyak keseruan. Anda bisa menjajal wahana naik perahu hingga flying fox yang menantang adrenalin. Setiap sudut dari Jambi Paradise juga begitu instagramable, sangat cocok sebagai spot foto.

Lokasi: Simpang Acai, Kb. IX, Sungai Gelam, Kota Jambi, Jambi, 36361, Indonesia. Google Maps.

7. Candi Muaro Jambi

Candi Muaro Jambi by iswar_dd11
Candi Muaro Jambi | Photo by iswar_dd11

Di Jambi anda juga bisa menemukan saksi bisu dari kerajaan Sriwijaya di masa lalu. Hal ini bisa anda saksikan dari adanya Candi Muaro Jambi. Candi ini ditemukan tahun 1820 dan mengalami pemugaran di 1975. Anda bisa menikmati jejak jejak sejarah dengan kondisi alam yang tenang dan asri. Tak heran jika menjadi salah satu favorit wisatawan.

Lokasi: Desa muara jambi, Maro Sebo, Muaro Jambi, Maro Sebo, Kabupaten Muaro Jambi, Jambi 36382. Google Map

8. Jembatan Pedestrian (Jembatan Gentala Arasy)

Jembatan Gentala Arasy by wiltophoteljambi
Jembatan Gentala Arasy | Photo by wiltophoteljambi

Wisata malam hari di Jambi anda bisa mengunjungi Jembatan Pedestrian (Jembatan Gentala Arasy). Jembatan yang memiliki panjang 540 meter ini memang menjadi tempat kongkow favorit. Saat malam tiba, jembatan akan makin semarak dengan hadirnya lampu lampu yang menyinarinya. Anda juga bisa berburu kuliner dengan harga yang ramah kantong.

Lokasi: Kasang, Kec. Jambi Tim., Kota Jambi, Jambi, 36123, Indonesia. Google Maps.

9. Kebun Teh Kayu Aro

Kebun Teh Kayu Aro by canro.simarmata
Kebun Teh Kayu Aro | Photo by canro.simarmata

Memandang panorama hijau yang menyejukkan mata bisa anda dapatkan di tempat wisata di Jambi satu ini. Kebun Teh Ayu Karo berada di kaki Gunung Kerinci dan memiliki luas sekitar 3.000 hektar. Anda bisa menikmati udara segar dengan langit biru yang menaunginya. Jangan lupakan juga untuk berburu foto foto instagenic yang cantik.

Lokasi: Giri Mulyo, Kayu Aro, Kabupaten Kerinci, Jambi, 37163, Indonesia. Google Maps.

10. Bukit Ngarau Seribu Tangga

Bukit Ngarau Seribu Tangga by rizkywirma
Bukit Ngarau Seribu Tangga | Photo by rizkywirma

Salah satu destinasi hits di Jambi yang tak boleh dilewatkan adalah Bukit Ngarau Seribu Tangga, Merangin. Tempat wisata satu ini sangat cocok untuk anda pecinta pemandangan dari ketinggian. Sepanjang mata memandang, hamparan hijau akan disuguhkan. Udaranya yang sejuk dan spot foto yang melimpah menjadi bukit satu ini begitu sayang untuk dilewatkan.

Lokasi: Rantau Ngaro, Kec. Tabir Ulu, Kabupaten Merangin, Jambi 37356, Indonesia. Google Maps.

11. Air Terjun Talang Kemulun (Lembah Khayangan)

Air Terjun Talang Kemulun by mikeyuliasyara03
Air Terjun Talang Kemulun | Photo by mikeyuliasyara03

Jambi juga memiliki beberapa air terjun yang bisa anda jadikan tujuan wisata alam yang menarik. Sebenarnya air terjun ini bukanlah wisata baru, karena sudah ditemukan tahun 1995. Kendati demikian, pengunjung air terjun ini tidak pernah berkurang. Alasannya karena memiliki panorama alam paripurna dengan suasana asri yang membuat siapapun betah berlama lama.

Lokasi: Unnamed Road, Danau Kerinci,, Talang Kemulun, Danau Kerinci, Kabupaten Kerinci, Jambi, 37172, Indonesia. Google Maps.

12. Air Terjun Sigerincing

Air Terjun Sigerincing by antonius_jack
Air Terjun Sigerincing | Photo by antonius_jack

Mendengar suara gemuruh air yang jatuh dari ketinggian lengkap dengan suasana yang asri memang menenangkan. Anda bisa mengunjungi Tempat wisata di Jambi yaitu Air terjun Sigerincing. Air terjun dengan tinggi 70 meteran ini memang cocok untuk berpetualang. Anda harus trekking lebih dahulu, tetapi semua rasa lelah anda akan dibayar lunas dengan pesonanya.

Lokasi: Tuo, Lembah Masurai, Kabupaten Merangin, Jambi, 37372, Indonesia. Google Maps.

13. Danau Kaco

Danau Kaco by trimutiara_07
Danau Kaco | Photo by trimutiara_07

Kota Jambi juga memiliki beberapa danau yang begitu indah, salah satunya adalah Danau Kaco. Yang menjadi daya tarik utama destinasi wisata ini adalah airnya yang sejernih kaca. Bahkan anda dari air kebiruan ini, anda bisa mengintip pemandangan di dasar danau. Tak hanya siang hari, banyak juga pengunjung yang rela untuk kemah di danau cantik ini.

Lokasi: Dusun Baru Lempur, Gunung Raya, Kerinci, Kota Jambi, Indonesia. Google Maps.

14. Danau Kumbang

Danau Kumbang by ertwinz30
Danau Kumbang | Photo by ertwinz30

Masih belum puas dengan pemandangan danau yang indah, maka anda bisa mengunjungi Danau Kumbang. Danau satu ini berada di ketinggian sekitar 2560 mdpl yang lokasinya di belakang Gunung Kerinci. Pemandangan danau tempat di wisata Jambi satu ini memang begitu indah. Sangat cocok untuk melepas semua penat anda di tengah padatnya aktivitas.

Lokasi: Tj. Mudo, Sungai Tenang, Kabupaten Merangin, Jambi, 37372, Indonesia. Google Maps.

15. Naik Perahu Ketek di Sungai Batanghari

Sungai Batanghari by anggy.atok
Sungai Batanghari | Photo by anggy.atok

Wisata satu ini terletak di pinggiran Sungai Batanghari dan menawarkan pengalaman yang menyenangkan. Anda bisa menyusuri sungai ini dengan menggunakan perahu ketek yang menjadi transportasi tradisional. Pemandangan sungai terpanjang ini juga begitu menawan, sehingga banyak yang menjadi destinasi satu ini sebagai tujuan.

Lokasi: Kasang, Kec. Jambi Tim., Kota Jambi, Jambi, 36123, Indonesia. Google Maps.

16. Pulau Penyu

Pulau Penyu Jambi by mayea.spp
Pulau Penyu Jambi | Photo by mayea.spp

Jambi juga memiliki wisata bahari yang tak kalah menarik untuk dijelajahi. Pulau Penyu ini memang menjadi habitat alami dari penyu dengan hamparan air laut yang seperti zamrud. Pasir putih yang lembut juga siap untuk menyambut anda. Pulau tidak berpenghuni ini, menawarkan liburan yang tidak akan pernah anda lupakan.

Lokasi: Kecamatan Sadu, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi, Indonesia. Google Maps.

17. Pasar Keramik Sitimang

Pasar Sitimang by Nurul Zhafirah
Pasar Sitimang | Photo by Nurul Zhafirah

Berada di Jambi rasanya sayang melewatkan wisata belanja satu ini. Pasar Keramik Sitimang cocok bagi anda yang memiliki hobi mengoleksi keramik. Pasar keramik ini sudah ada sejak tahun 1980an dan menawarkan banyak koleksi keramik. Mulai dari peralatan rumah tangga hingga koleksi langka keramik China. Untuk harga yang ditawarkan sangat beragam tergantung kualitasnya.

Lokasi: Jl. Doktor Wahidin, Ps. Jambi, Kec. Ps. Jambi, Kota Jambi, Jambi, 36123, Indonesia. Google Maps.

Menghabiskan waktu liburan dengan wisata alam maupun wisata buatan memang menjadi kegiatan yang menyenangkan. Untuk anda yang sedang di Jambi, beberapa Destinasi Wisata di Jambi yang telah disebutkan bisa dijadikan tujuan. Pastikan ikut serta dalam menjaga alam dan kebersihan saat mengunjungi tempat tempat tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *