Masjid Raya Baiturrahman
Indonesia, Wisata

15 Tempat Wisata di Banda Aceh Yang Paling Favorit dan Hits

Banda Aceh yang menjadi Provinsi Aceh sebenarnya menawarkan keindahan alam yang tak bisa diabaikan begitu saja. Daerah yang juga dijuluki sebagai Serambi Mekah ini tak hanya menawarkan wisata sejarah saja. Ada beberapa Tempat Wisata di Banda Aceh yang bisa masuk dalam daftar liburan anda nantinya. Selengkapnya simak ulasan berikut.

Destinasi Wisata Banda Aceh Yang Wajib Dikunjungi

1. Museum Aceh

Museum Aceh, Wisata di Banda Aceh
Museum Aceh | Photo by 85.photogram

Memulai perjalanan liburan di Banda Aceh bisa dimulai dengan wisata sejarah. Museum Aceh sendiri sudah ada sejak tahun 1915. Dimana pada saat itu masih di bawah pemerintahan Hindia Belanda. Mengunjungi tempat satu ini, anda akan dibuat terpana dengan Rumah Adat Aceh yang syarat akan nilai nilai filosofi yang begitu kental.

Bukan hanya itu, anda juga bisa menemukan peninggalan maupun artefak dari zaman prasejarah. Salah satu peninggalan yang cukup populer adalah Lonceng Cakra Donya yang usianya sudah mencapai 1.400 tahun. Anda bisa mengelilingi museum untuk menemukan hal menarik lainnya. Anda juga bisa mengambil beberapa foto instagenic di area museum ini.

Lokasi: Jl. Sultan Mahmudsyah No.10, Peuniti, Kec. Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh 23116, Indonesia. Google Maps.

2. Museum Tsunami Aceh

Museum Tsunami Aceh, Wisata di Banda Aceh
Museum Tsunami Aceh | Photo by vedsat_inst

Sejarah menjadi salah satu harta karun sebuah bangsa yang tetap harus dikenang. Sekalipun sejarah tersebut membawa kesedihan. Kejadian tsunami pada tahun 2004 silam memang membawa pukulan tersendiri bagi tanah air. Untuk menjadi pengingat sekaligus penghargaan, dibangunklah Museum Tsunami yang ada di Banda Aceh.

Tempat wisata di Banda Aceh ini tidak dipungut biaya, sehingga siapapun bisa menjelajahinya. Memiliki rancangan arsitektur yang begitu unik, membuat para pengunjung di bawa ke kejadian kelam tersebut. Karena memang bisa merasakan suasana ketika Tsunami terjadi serta bisa melihat foto maupun kisah dari korban yang selamat.

Nama nama para korban ditata rapi di dinding museum yang menambah kesan emosional. Dari luar, bangunan ini memiliki bentuk layaknya Kapal yang besar. Tetapi saat dilihat dari atas nampak seperti ombak lautan. Selain berfungsi sebagai destinasi wisata, Museum Tsunami juga berfungsi sebagai lokasi evakuasi apabila tsunami terjadi.

Lokasi: Jl. Sultan Iskandar Muda, Sukaramai, Kec. Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh 23116, Indonesia. Google Maps.

3. Museum PLTD Apung

Museum PLTD Apung, Wisata di Banda Aceh
Museum PLTD Apung | Photo by indras_saputraa

Wisata selanjutnya adalah Museum PLTD Apung. Wisata ini merupakan jejak dari dahsyatnya Tsunami yang terjadi di banda Aceh. Kapal dengan berat 2600 ton ini terseret tsunami hingga pusat kota Banda Aceh. Alhasil kapal ini bisa berfungsi sebagai tempat wisata edukasi yang menarik dikunjungi. Anda bisa menikmati relik layaknya air bah, kemudian menyaksikan pemandangan memukau dari atas Bukit Barisan.

Lokasi: Punge Blang Cut, Kec. Jaya Baru, Kota Banda Aceh, Aceh 23116, Indonesia. Google Maps.

4. Benteng Indrapatra

Benteng Indrapatra
Benteng Indrapatra | Photo by keindahanalam96

Menjadi pusat peradaban agama Islam yang pertama di Indonesia, rupanya Banda Aceh juga menyimpan peninggalan Hindu Budha. Hal ini bisa disaksikan dari hadirnya Benteng Indrapatra yang juga menarik dikunjungi. Benteng yang bentuknya kubah ini dikelilingi perbukitan hijau yang cantik. Tempat wisata di Banda Aceh ini menarik dijelajahi saat anda di tanah rencong ini.

Lokasi: Krueng Raya, Baet, Baitussalam, Kabupaten Aceh Besar, Aceh, Indonesia. Google Maps.

5. Masjid Raya Baiturrahman

Masjid Raya Baiturrahman, Wisata di Banda Aceh
Masjid Raya Baiturrahman | Photo by saragih_erick

Rasanya belum lengkap jika ke Banda Aceh belum mengunjungi tempat ibadah satu ini. Masjid Raya Baiturrahman memang menawarkan wisata religi yang begitu menarik. Anda bisa mengagumi bangunan masjid yang megah. Memiliki 12 payung elektrik, anda seakan akan sedang berada di Masjid Nabawi yang berada di Madinah.

Lokasi: Jl. Moh. Jam No.1, Kp. Baru, Kec. Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh, Indonesia. Google Maps.

6. Taman Sari Gunongan dan Pinto Khob

Taman Putroe Phang
Taman Putroe Phang | Photo by qadiaulfa_

Banda Aceh memiliki destinasi yang tepat untuk anda yang ingin berburu foto foto instagramable. Datang saja ke taman Sari, Taman Putroe Phang, Gunongan dan Pinto Khob. Bangunan ini layaknya Taj Mahal yang menjadi simbol cinta para raja untuk sang permaisuri. Dengan bangunan yang serba putih, tempat wisata satu ini menyimpan banyak pesona yang mengagumkan.

Lokasi: Jl. Merapi No.37, Sukaramai, Kec. Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh 23116, Indonesia. Google Maps.

7. Bukit Lhok Eumpe

Bukit Lhok Eumpe
Bukit Lhok Eumpe | Photo by acapalimusa

Banda Aceh juga memiliki wisata alam yang tak kalah menawan dan menarik dikunjungi. Bagi anda yang ingin menikmati pesona perbukitan hijau yang menawan, yang cocok untuk berkemah atau Kemping, bisa menjadikan Bukit Lhok Eumpe sebagai tujuan wisata. Perbukitan yang berpadu dengan padang Savana ini dijamin akan membuat semua penat anda hilang.

Lokasi: Jl. Meulaboh – Banda Aceh No.km9,5, Nusa, Kec. Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, Aceh 23353, Indonesia. Google Maps.

8. Air Terjun Peukan Biluy

Air Terjun Peukan Biluy
Air Terjun Peukan Biluy | Photo by arif_khairullah

Selanjutnya yang juga menarik dikunjungi adalah Air terjun Peukan Biluy. Tempat wisata di Banda Aceh ini menawarkan pemandangan air yang jatuh dari ketinggian. Debit airnya terbilang besar dan langsung jatuh mengenai tebing tebing batunya. Area sekitarnya yang masih terjaga akan membantu anda menghilangkan semua penat anda.

Lokasi: Lamsod, Darul Kamal, Kabupaten Aceh Besar, Aceh 23238, Indonesia. Google Maps.

9. Air Terjun Kuta Malaka

Air Terjun Kuta Malaka
Air Terjun Kuta Malaka | Photo by kausar.afdhal

Destinasi air terjun yang tak kalah indah di Banda Aceh adalah Air Terjun Kuta Malaka. Air terjun ini memiliki keunikan tersendiri, dimana airnya mengalir dalam tujuh tingkatan. Untuk menjangkaunya memang membutuhkan perjuangan mengingat areanya yang jauh dari pusat kota. Tetapi semua petualangan anda akan terbayar tuntas setelah melihat pesonanya.

Lokasi: Lam Ara Tunong, Kuta Malaka, Luthu Lamweu, Suka Makmur, Kabupaten Aceh Besar, Aceh, 23373, Indonesia. Google Maps.

10. Pucok Krueng

Pucok Krueng
Pucok Krueng | Photo by widiatulakhya_

Wisata satu ini memang sedikit jauh dari Banda Aceh, tetapi menjadi wisata alam yang begitu hits. Pucok Krueng memang menjadi begitu hits selepas potretnya hadir di media sosial. Keindahan tempat satu ini bahkan sudah terlihat saat masih dalam perjalanan. Anda akan disuguhkan pemandangan sawah hijau yang menyejukkan mata.

Setelah itu anda bisa menggunakan perahu menuju Pucok Krueng. Yang merupakan kawasan di hulu sungai yang begitu asri lengkap dengan tanaman sekitarnya yang rapi. Suasananya yang tenang berpadu dengan pegunungan kapur membentang akan melenyapkan semua penat anda. Tempat wisata di Banda Aceh ini, sangat cocok untuk berburu foto cantik.

Lokasi: Mon Ikeun, Kec. Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, Aceh, 23371, Indonesia. Google Maps.

11. Pantai Lampuuk

Pantai Lampuuk
Pantai Lampuuk | Photo by m_nur_99_

Banda Aceh juga dianugerahi dengan pantai yang begitu menawan. Pantai Lampuuk menjadi salah satunya yang tak boleh dilewatkan. Garis pantai panjang dengan pasir putih lembut akan siap menyambut anda. Airnya yang biru kehijauan dan ombak yang cukup besar semakin membuatnya eksotis. Panorama sunset pantai ini menjadi yang paling diburu wisatawan.

Lokasi: Aceh, Indonesia. Google Maps.

12. Pantai Ulee Lheue

Pantai Ulee Lheue
Pantai Ulee Lheue | Photo by andrearrasuli

Belum puas berwisata bahari, Pantai Ulee Lheue bisa dijadikan tujuan. Pantai ini kondang dan menyajikan pemandangan yang menakjubkan. Memang pasir pantainya sudah kecoklatan akibat Tsunami tahun 2004 lalu. Tetapi pesonanya hingga kini masih belum juga surut dan masih jadi favorit wisatawan.

Lokasi: Banda Aceh, Ulee Lheue, Kec. Meuraxa, Kota Banda Aceh, Aceh, Indonesia. Google Maps.

13. Pantai Lhok Mee

Pantai Lhok Mee, Wisata di Banda Aceh
Pantai Lhok Mee | Photo by Kerigit

Butiran pasir lembut dengan air yang jernih memang sangat sayang untuk dilewatkan. Dan inilah yang bisa anda dapatkan ketika mengunjungi Pantai Lhok Mee. Pantai ini memiliki keunikan pada pepohonan yang tubuh dari dalam air. Pohon ini dinamakan dengan pohon Geurumbang. Anda bisa snorkeling ataupun sekedar bersantai di pantai ini.

Lokasi: Lamreh, Mesjid Raya, Kabupaten Aceh Besar, Aceh, Indonesia. Google Maps.

14. Pantai Lhoknga

Pantai Lokngah by rianasari89
Pantai Lokngah | Photo by rianasari89

Lokasinya tak jauh dari Pantai Lampuk, anda bisa menjadikan Pantai Lhoknga untuk nikmati bahari Banda Aceh. Pengunjung bisa melakukan banyak aktivitas menarik, seperti surfing maupun memancing. Ombak pantai ini memang besar, sehingga sangat cocok untuk surfing. Pantai Lhoknya juga sangat cocok untuk menikmati sunset terbaik.

Lokasi: Mon Ikeun, Kabupaten Aceh Besar, Aceh, Indonesia. Google Maps.

15. Ujung Kelindu (Bukit Lamreh)

Ujung Kelindu (Bukit Lamreh)
Ujung Kelindu (Bukit Lamreh) | Photo by albar_rusman

Perjalanan bahari anda akan semakin lengkap dengan mengunjungi Tempat Wisata di Banda Aceh satu ini. Ujung Kelindu menawarkan panorama tebing dengan pantai yang memukau. Air lautnya yang biru kehijauan dengan bukit savana, menjadikan perpaduan yang luar biasa. Tempat wisata ini sangat cocok untuk melepas semua penat anda.

Lokasi: Lamreh, Mesjid Raya, Kabupaten Aceh Besar, Aceh, Indonesia. Google Maps.

Demikian Wisata di Banda Aceh yang bisa anda kunjungi saat menghabiskan liburan di bumi rencong ini. Tidak hanya menyimpan banyak sejarah dan bangunan yang menarik, wisata alam Banda Aceh juga tak kalah menawan. Berbagai kegiatan wisata bisa anda lakukan dengan mengunjungi beberapa destinasi yang telah disebutkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *